Rabu, Oktober 14, 2009

Mayoritas Pelanggan PDAM Agara Tunggak Iuran

14 October 2009, 08:23 Nanggroe Administrator
KUTACANE – Sekitar 80 persen pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Agara dari tujuh kecamatan dalam Kabupaten Agara, menunggak. Tunggakan rekening air bersih mencapai Rp 600 juta dan tunggakan itu rata-rata dari tiga bulan hingga bertahun-tahun. Direktur PDAM Tirta Aceh Tenggara, Ir Rahmad Desky, kepada Serambi, Selasa (13/10) mengatakan, sekitar 80 persen dari 5000 pelanggan seluruhnya di tujuh kecamatan menunggak pembayaran rekening air bersih PDAM. Kondisi ini menunjukan kesadaran mereka sangat kurang dalam membayar kewajibannya setiap bulannya. Padahal ini, untuk operasional dalam meningkatkan pelayanan.

Ia menyinggung, tahun 2010, pihak PDAM Tirta Agara, akan mensuplai air bersih berstandar kepada para pelanggan. Selama ini, katanya, air yang disuplai PDAM Tirta Agara sering mati dan terkadang air tersebut berlumpur dan jorok. Hal ini, menurutnya, karena sistem suplai air bersih dari PDAM tidak memiliki saringan sehingga air langsung masuk ke pipa para pelanggan dengan kondisi yang tak terjamin.

Ditambahkan, PDAM Tirta Agara tahun 2010 berencana akan memindahkan induk penampungan air di Lawe Kinga yang akan menghabiskan dana sebesar Rp 5 Miliar lebih dari Otsus Kabupaten dan mereka juga berupaya membenahi pipa-pipa PDAM yang bocor di beberapa titik. Terkait hal itu, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Sipil (FKMS) Agara, Faisal Kandrin Dube SSos, mengatakan, selama ini pelayanan PDAM Tirta Agara sangat buruk. Dikatakan, suplai air bersih yang disuplai tak layak dikomsumsi, apalagi pada saat musim penghujan. FKMS Agara meminta, pemerintah daerah secepatnya untuk membenahi PDAM karena air merupakan kebutuhan orang banyak.(as)

Tidak ada komentar: