Kamis, Juli 30, 2009

Tahun 2010, IKK Gunung Meriah dibangun

Thursday, 30 July 2009 08:19



Warta - Aceh
WASPADA ONLINE

SINGKIL - Pemkab Aceh Singkil memastikan akan membangun satu unit lagi Instalasi Air Minum Kecamatan (IKK) di Kampong Gunung Lagan Kecamatan Gunung Meriah.

“Pembangunan tersebut didanai melalui APBN tahun 2010 dengan besar anggaran senilai Rp6 miliar, kata direktur PDAM Tirta Singkil, Azwan Azis, pagi ini.

Untuk mengawali rencana pembangunan IKK tersebut kata Azwan PT Infratama Yakti selaku konsultan telah melakukan survei. Hasilnya lokasi pembangunan IKK di Gunung Lagan sangat memungkinkan.

Secara ekonomis IKK di kampong Gunung Lagan kecamatan Gunung Meriah pangsa pasarnya cukup menjanjikan dan mampu mengaliri 10 ribu sambungan rumah.

Sedangkan IKK kecamatan Simpang kanan yang selama ini dioperasikan hanya mampu mengaliri 1500 sambungan rumah dengan hasil produksi 10 m kubik per detik.

Selain membangun IKK di kecamatan Gunung Meriah PDAM Aceh Singkil juga mendapat bantuan senilai Rp1,3 miliar untuk jaringan distribusi Umum (Jaringan Induk) yang bersumber dari dana Otsus Tingkat Satu (provinsi Aceh ) dan Rp1,3 miliar untuk revitalisasi penyempurnaan jaringan yang ada di Singkil yang bersumber dari APBA regular tingkat satu.

Sedangkan untuk memperlancar suplai air di kecamatan Singkil yang selama ini masih terkendala Azwan berjanji akan tetap mengupayakan dengan melakukan penambahan daya dari 100 VA menjadi 200 VA.

“Selain Aceh Singkil, Pembangunan IKK juga dibangun di kabupaten Aceh Tengah dengan bantuan yang sama dari APBN senilai Rp6 miliar,” demikian tandas Azwan.
(dat01/waspada)

Tidak ada komentar: