Rabu, September 09, 2009

Aceh-Korsel tandatangani pembangunan instalasi air siap minum

Wednesday, 09 September 2009 19:52


Warta - Aceh
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh dan Korea Selatan menandatangani kerja sama bantuan hibah pembangunan instalasi air siap minum dengan dana sebesar Rp60 miliar.

"Proyek ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai tahun ini di dua lokasi di Kota Banda Aceh masing-masing membutuhkan dana Rp30 miliar," kata wakil gubernur Aceh Muhammad Nazar di Banda Aceh, Rabu.

Penandatanganan dilakukan oleh wakil gubernur Aceh dengan asisten manajer divisi listrik Samsung, Steven Kim. Raksasa perusahaan Korea Selatan tersebut akan mendanai pembangunan instalasi air siap minum di Aceh.

Pembangunan instalasi air siap minum itu merupakan bagian dari program East Asia Climate Change Partnership dengan total dana 200 juta dolar AS untuk seluruh Asia Timur. Sementara untuk Indonesia, proyek itu secara khusus akan dilakukan di Aceh.

Proyek akan berlangsung selama lima tahun dengan tahap pertama dibangun langsung oleh Korea Selatan dan tahap selanjutnya akan dilelang.

"Proyek ini merupakan solusi jangka pendek untuk masyarakat yang membutuhkan air bersih," tambah Nazar, seraya menambahkan proyek pertama akan dimulai di Banda Aceh khususnya di daerah-daerah yang sulit memperoleh air bersih.

Sementara itu, Asisten Manajer Divisi Listrik Samsung, Steven Kim mengatakan, pihaknya sangat senang atas respon yang diberikan Pemerintah Aceh.

"Kami berharap proyek ini akan semakin berkembang dan sukses sehingga bisa melanjutkan proyek lainnya," katanya.

Hak Jun Kim, Direktur Vogo Mining Co Ltd yang mendampingi pihak Samsung di Aceh mengatakan, instalasi air siap minum itu menggunakan teknologi perpaduan antara tenaga solar dan fotovoltaic. Suatu teknologi konversi yang mengubah cahaya (foto) menjadi listrik (volt) secara langsung (direct conversion).

"Instalasi ini akan mampu mengairi 500 hingga 700 rumah tangga dengan teknologi yang modern," tambahnya.
(dat06/ann)

Tidak ada komentar: